Tiga Hal Mengenai Cara Membuat Website Sendiri

diposting oleh : tim admin

Cara membuat website sendiri bisa jadi hal yang membingungkan dan menakutkan bagi mereka yang tidak mengerti betul bahasa digital.

Apalagi bila seseorang baru saja membuat website untuk yang pertama kalinya.

Bisa-bisa hal tersebut hanya berujung pada frustasi belaka.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi mereka yang ingin membangun sebuah website untuk memahami betul dengan baik cara membuat website sendiri. Apapun tujuannya, website dapat dibuat mengikuti cara membuat website sendiri.

Banyak pihak yang mengklaim bahwa membuat website bukanlah hal yang sulit dilakukan! Ketika anda memulai maka anda akan mengalir dengan sendirinya sesuai dengan ritmenya.

Pertanyaan berikutnya adalah: di manakah anda harus memulai?

Anda tidak harus menyandang gelar tertentu atau memiliki ekstra talenta untuk menguasai cara membuat website sendiri.

Tapi, anda disarankan untuk menguasai dan mengerti pengertian yang menjadi basis dari komponen-komponen dan teknologi sebelum anda memulai membuat website.

Pada dasarnya, alat-alat yang digunakan untuk membuat website adalah akses ke sebuah PC (Personal Computer) atau yang paling sering dikenal sebagai komputer dan koneksi internet yang baik.

Tak hanya melalui PC saja, melalui Laptop juga bisa. Belakangan ini laptop menjadi dambaan banyak pihak mengingat kemudahan-kemudahan yang ditawarkan.

Kemudian kemampuan umum seperti membuat dokumen singkat seperti surat menggunakan program komputer juga diharapkan untuk dikuasai.

Dan yang paling penting adalah pengetahuan umum mengenai HTML, istilah-istilah yang kerap kali muncul dalam dunia internet.

Hal berikut yang bisa menjadi sandaran adalah pertanyaan: Untuk apakah website tersebut dibuat?

Apakah website tersebut digunakan untuk keperluan pribadi?

Apakah website tersebut digunakan untuk keperluan komersial, seperti perdagangan?

Karena cara membuat website sendiri pada dasarnya adalah sama untuk semua keperluan. Yang membedakannya hanyalah isi atau konten dari website-website tersebut.

Kemudian, perhatikan domain yang akan anda pilih. Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di dunia maya, setiap orang harus mengetikkan nama sebuah domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website.

Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website anda dengan website milik orang lain. Domain itu sendiri terdiri dari nama domain dan extension.

Contohnya adalah kancildankatak.com, dengan demikian kancildankatak adalah nama domain sedangkan .com adalah extensionnya.

Oleh karena itu pemilihan nama domain diusahakan untuk semenarik mungkin dan mudah diingat! Hindari penggunaan kata-kata sulit nan panjang untuk nama sebuah domain.

Untuk itu, anda bisa menggunakan website yang memberikan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software untuk membantu memilih nama domain untuk website anda.

Dengan demikian, banyak sekali website yang menyediakan jasa registrasi nama domain pada saat ini. Dan ingatlah bahwa untuk registrasi tersebut memerlukan biaya yang kadang tidak sedikit.

Hal berikut yang harus diperhatikan dalam rangkaian cara membuat website sendiri adalah hosting. Hosting adalah tempat anda meletakkan file-file website anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet.

Jadi, agar website anda bisa ditampilkan maka file-file tersebut harus anda simpan di sebuah server hosting. Dengan demikian, anda perlu membeli paket hosting.

Harga dari sebuah paket hosting sendiri bermacam-macam, tergantung dari fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Pembelian paket hosting itu sendiri tidak harus terpaku di sebuah negara saja.

Langkah berikutnya dari cara membuat website sendiri adalah menentukan software website. Apabila anda masih belum mengetahui software website yang anda gunakan, anda bisa mencaritahunya melalui situs pencarian untuk melihat-lihat websiste-website lain yang sudah ada.

Dengan mengecek website yang sudah berdiri tersebut, anda dapat mengecek software apa yang digunakan oleh website tersebut. Biasanya software website yang digunakan bersifat open source seperti blog wordpress, joomla, phpbb, dan lain sebagainya.

Pada akhirnya, setelah anda membeli domain dan hosting, dan juga telah memilih software website yang relevan, cara membuat website sendiri bukanlah hal yang menakutkan.

Silahkan Anda dapatkan panduan yang lebih detil dan proven tentang bagaimana Anda bisa memiliki penghasilan sedikitnya 15 Juta Setiap Minggu dan langsung masuk ke Rekening Anda dengan menjual Ide, Hobi, Pengalaman atau Keahlian Anda, klik disini

Sumber : http://kayadaribisnisinternet.com/membuat-website-sendiri/

Tentang Jadhie Whardhana Fernando

Pemerhati Komunikasi dan Informatika
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s