Tips Memperoleh Penghasilan Dengan Blogging

By. Gm Susanto

Aktivitas blogging merupakan aktivitas yang sangat popular saat ini.

Awalnya blogging digunakan sebagai media untuk mencatat hal-hal yang dilakukan selama perjalanan dilakukan (catatan perjalanan) bisa juga disebut sebagai buku harian.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi informasi, blogging ternyata tidak hanya untuk kegiatan seperti di atas (mencatat perjalanan dan mencatat hal-hal yang dilakukan sehari-hari) tapi juga digunakan untuk mencari uang.

Yah, blogging bisa menghasilkan uang ternyata.

Bagaimana bisa?

Jawabannya bisa saja.

Bila kita memiliki produk dan ingin menjual dan memasarkannya di dunia maya, maka kita bisa menggunakan blog sebagai media.

Bila ingin yang gratisan, kita juga bisa memilih blog gratisan, di antaranya: wordpress, multiply, atau blogspot. Kesemua itu bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma dan tidak perlu memikirkan untuk membayar uang sewa.

Mudah bukan?

Selanjutnya, kita bisa posting produk yang kita tawarkan tersebut di blog baru kita. Kita harus memilih gambar yang bagus dan jelas agar pengunjung blog bisa dengan jelas melihat produk yang kita tawarkan.

Jangan lupa disertai dengan penjelasan singkat dan padat mengenai produk tersebut. Paling tidak pada saat pembaca menghampiri blog kita, pembaca akan tahu tentang informasi produk yang kita tawarkan. Jangan lupa disertai dengan nomor yang bisa dihubungi agar sewaktu-waktu ada konsumen yang ingin bertanya langsung bisa kita layani dengan baik.

Penghasilan juga bisa kita peroleh dari blog dengan cara mempromosikan produk yang dimiliki orang lain. Kalau yang pertama tadi, kita sebagai produsen sekaligus distributor, maka kali ini “tugas” kita hanyalah sebagai distributor saja.

Tentu saja pemasang iklan yang memasang produknya di blog kita harus membayar. Dengan metode seperti itu kita akan mendapat bayaran dari aktivitas blogging.

Bila kedua jalan di atas kurang kita sukai karena kita tidak terlalu menguasai, maka kita bisa menggunakan cara lain untuk mendapatkan uang dari aktivitas blogging, yaitu dengan cara mengikuti lomba blog yang akhir-akhir ini sering sekali diadakan.

Mengikuti lomba blogging akan membuat blog kita dikenal oleh orang banyak sekalipun mungkin pada nantinya tidak menang. Akan tetapi paling tidak orang lain akan semakin tahu bahwa kita memiliki blog.

Kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense. Kalo kita ingin mengikuti program google adsense, tipsnya adalah situs yang kita daftarkan harus menggunakan bahasa Inggris terlebih dahulu.Biasanya ini akan lebih cepat di terima

Begitu pendaftaran kita diterima, baru kita bisa menaruh iklan adsense kita di blog dalam bahasa Indonesia

Keuntungan blogging dengan mengikuti google adsense adalah kita akan mendapatkan honor setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan yang ada di dalam blog kita yang disebut dengan google adsense tersebut.

Semakin banyak yang mengklik iklan yang ada dalam blog kita, maka akan semakin besar pula honor yang akan kita terima.

Bila kita sudah ahli dalam bidang aktivitas blogging, kita bisa mengadakan workshop atau seminar “cara membuat blog yang baik dan mudah”.

Target peserta tentu saja bukan anak sekolahan atau kuliahan yang sudah cukup familiar dengan blog, namun bisa jadi ibu rumah tangga yang sebagian besar belum familiar dengan blog.

Untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas blogging, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki tulisan kita agar menarik perhatian orang. Tulisan yang menarik tidak harus yang berbahasa serius.

Bisa saja bahasan yang kita tulis di blog adalah bahasan yang sangat umum, namun bila cara penyampaian kita menarik, orang pasti akan melirik.

Aktivitas blogging bisa dijadikan sumber uang bagi para blogger yang serius mengelolanya.

Blogging selain melatih kemampuan kita menulis ternyata juga mempunyai keuntungan lainnya yaitu menghasilkan uang untuk kita, para pemilik blog

Sumber : http://kayadaribisnisinternet.com/page/11/

Tentang Jadhie Whardhana Fernando

Pemerhati Komunikasi dan Informatika
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s