7 Langkah Bagaimana Anda Melakukan Promosi Blog Di Facebook

by. Gm.Susanto

Promosi Blog Di FacebookPromosi Blog Di Facebook : Seorang master yang sudah lama berkecimpung di bisnis internet mengatakan bahwa salah satu dasar yang harus dikuasai para pebisnis internet adalah masalah blogging.

Entah itu dari segi konsistensinya menulis di blog ataupun seputar masalah teknisnya. Bila kegiatan ngeblog sudah lancar, maka biasanya urusan bisnis internetnya ikut lancar.

Itulah kenapa memiliki blog menjadi sangat krusial. Termasuk juga bagaimana cara mempromosikan blog agar ramai dikunjungi dan memberikan efektifitas bisnis yang diharapkan. Salah satu solusinya adalah dengan promosi blog di facebook.

Mengapa harus promosi blog di facebook?

Karena facebook menyimpan sejuta potensi luar biasa yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada banyak jutaan pengguna facebook mulai dari kaum muda hingga para orang tua dari berbagai latar belakang dan profesi yang berbeda.

Oleh karena itu kita bisa dengan mudah menentukan siapa target bisnis internetnya hingga nantinya ketika promosi blog di facebook bisa dilakukan penyesuaian.

Maka dari itu sebelum melakukan promosi blog di facebook konsep blog yang dibangun harus jelas. Mulai dari tujuan utama blog dibangun, branding yang ingin dipopulerkan melalui blog, isi artikel yang akan memenuhi blog, gaya bahasa yang digunakan, hingga ke masalah teknis yakni desain tampilan blog yang sesuai dan profesional namun proses loading tetap cepat bila diakses. Bila semua sudah siap barulah kita bisa mulai promosi blog di facebook.

Bagaimana cara melakukan promosi blog di facebook?

Ada banyak cara yang bisa dipilih. Mulai cara berbayar hingga gratisan. Sesuaikan saja dengan kemampuan Anda. Toh metode yang gratisan pun masih cukup efektif, meski lebih powerful lagi bila ditunjang dengan iklan berbayar di facebook.

Ini dia 7 langkah maut cara promosi blog di facebook :

1. Menggunakan fasilitas iklan premium di facebook. Sekedar informasi untuk Anda, facebook bisa menjadi aplikasi gratis yang melayani jutaan penggunanya di seluruh dunia tentu ada yang mendanai.

Tidak mungkin Mark Z, bisa membiayai seorang diri. Apalagi pengguna kian meningkat. Maka satu-satunya pendanaan mereka adalah iklan premium. Nah, fasilitas pemasangan iklan premium ini bisa kita manfaatkan untuk memasang iklan sebagai bentuk promosi blog di facebook.

2. Menggunakan aplikasi-aplikasi blog di facebook.

Salah satu kelebihan facebook dibandingkan twitter adalah adanya aplikasi-aplikasi tertentu yang memiliki fungsi khusus. Terkait dengan masalah promosi blog di facebook, kita bisa mencari aplikasi tersebut.

Beberapa yang biasa digunakan oleh para blogger untuk melakukan promosi blog di facebook antara lain: networkedBlogs, Blog RSS Feed Reader, Simplaris Blogcast, Simply RSS, dll. Gunakan saja fasilitas search application yang ada di facebook untuk mencari aplikasi yang Anda butuhkan.

3. Menggunakan Notes facebook. Sama seperti Friendster, facebook dilengkapi fitur untuk menulis artikel layaknya blog. Fitur tersebut adalah notes.

Nah, kelebihan notes facebook terkait upaya kita untuk promosi blog di facebook adalah, kita bisa mengaitkan blog dengan notes facebook ini. Sehingga ketika ada artikel baru di blog, maka notes facebook otomatis membuat cuplikan artikel kita.

4. Memasang banner blog di profil facebook kita.

Begitu banner dipasang maka promosi blog di facebook berjalan otomatis. Siapapun yang melihat profil kita otomatis akan melihat banner tersebut. Untuk bisa memasang banner blog di profil, gunakan saja aplikasi My Stuff.

Langkah lainnya dalam promosi blog di facebook

5. Promosi blog di facebook lewat chatting. Ini cocok untuk Anda, bila memiliki hobi chatting.

Sesekali tidak apa-apa Anda aktif mempromosikan link blog ketika chatting. Namun jangan terlalu sering. Orang jadi malas juga kalau kita terlalu aktif promosi ketika chat.

6. Memasang link blog di kotak informasi. Manfaatkan fasilitas ini. Sehingga ketika orang yang membuka profil Anda melakukan cek informasi, link-link yang Anda pasang bekerja optimal mempromosikan blog Anda.

7. Promosi blog di facebook melalui update status. Ini yang paling gratis, simpel dan mudah. Sertakan saja link blog Anda ketika update status. Tapi jangan terus-terusan. Bisa-bisa orang mati bosan melihat status Anda, lantas membuang Anda dari daftar teman mereka.

Nah, itu 7 langkah maut promosi blog di facebook. Cobalah dan rasakan perbedaanya terhadap jumlah kunjungan di blog Anda.

Sumber : http://kayadaribisnisinternet.com/page/26/

Tentang Jadhie Whardhana Fernando

Pemerhati Komunikasi dan Informatika
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s