Aneh Polisi Bernyanyi Koq Kesalahan

Sudah lihat Youtube pak polisi bernyanyi sambil duduk, hanya dengan gerakan tangan dan mimik serius bernyanyi disebelah temannya yang cuek dan sibuk dengan handphonenya. Konon mabes Polri mengatakan itu kenakalan, seperti dikutip dari berita Detik.com, Selasa 05/04/2011, “Mabes Polri menilai aksi joget India Briptu Norman hanya kenakalan biasa. Tidak ada yang salah dengan bernyanyi dan berjoget. Namun Briptu Norman dianggap tidak etis ketika melakukannya dalam seragam Brimob. “Itu hanya kenakalan anak-anak di lapangan,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam di kantornya, Jl Trunojoyo, Jakarta, Selasa (5/4/2011).

Itu kata salah satu bos polisi, sekaku itukah polisi bekerja, duduk di pos direkam mungkin dengan ponsel Norman sendiri, mungkin juga suaranya hanya sejauh beberapa meter saja terdengar. Kalau dari jauh atau luar pos, ngak akan begitu mencolok perbuatannya jika ada masyarakat yang melihatnya. Ada-ada saja menyanyi sambil duduk manispun jadi masalah. Sebenarnya yang menadi masalah setelah rekamannya diupload di youtube dengan memakai seragam polisi dan dilihat banyak orang, kalau ngak diupload mungkin ceritanya lain. Coba kalau seandainya sang polisi tersebut menyanyikan lagu Indonesia Raya, juga diupload di situs Youtube, apa ceritanya, apa itu juga kesalahan.

Sebaliknya ada pula yang salut dengan ulah polisi ini, Aksi Briptu Norman joget dan nyanyi lips sync lagu India dinilai membuat segar dan manusiawi. Anggota Komisi III DPR Eva Kusuma Sundari meminta agar Briptu Norman tidak dimarahi. “Semakin polisi gaul, semakin dekat dengan rakyat. Tinggalkan kontaminasi TNI di masa lalu,” kata Eva kepada detikcom, Selasa (5/4/2011). Masyarakat Cuma tersenyum melihat sikap polisi gaul ini, kejadian ini justru sebaliknya, sikapnya menghibur masyarakat, nilai plus untuk polisi muda ini, penulispun terhibur melihatnya, juga sang reporter TVone yang memberitakan fenomena ini, tepat ketika tulisan ini ditulis ada berita TVone tentang youtube pak polisi,  gerakannya sangat sederhana penulis lihat, tapi sangat menjiwai lagu yang dinyanyikan, terkesan polisi muda yang bersahaja.

Apa yang dilakukan Briptu Norman dengan joget dan nyanyi lips sync lagu India di Youtube bukanlah sebuah pelanggaran terhadap kode etik. Sisi manusiawi Norman yang terlihat saat berjoget, sebaiknya tidak diganjar dengan hukuman oleh atasan. “Jangan dihukum, karena orang butuh refreshing dan tidak ada yang salah dengan hal itu,” ujar Direktur Pusat Kajian Antikorupsi (PuKAT) UGM, Zainal Arifin Muchtar, saat berbincang dengan detikcom, Selasa (5/4/2011).

Sungguh kebablasan kalau polisi dihukum, ditegorpun tidaklah pantas, tidak ada yang salah, walau bernyanyi dengan pakaian polisi, sambil duduk di korsi pos penjagaan, sekali lagi bagaimana kalau seandainya bukan lagu india yang inyanyikan, tetapi lagu wajib, lagu Indonesia Raya, cerita beda khan. Kalau mau hokum, hukumlah polisi yang nakal, yang tidak melindungi masyarakat, atau ungkap lagi masalah rekening gendut di kepolisian. Anda ingin melihat rekaman Youtubenya, silahkan klik link berikut, selamat menikmati Chaiyya! Chaiyya!..  http://www.youtube.com/watch?v=E5cGNTR1s0c

Tentang Jadhie Whardhana Fernando

Pemerhati Komunikasi dan Informatika
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s