Diseminasi Informasi Peringatan Dini (EWS)

Wilayah indonesia merupakan daerah tektonik aktif tempat berintegrasinya lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik/Carolina. Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di wilayah yang rawan bencana alam. Penduduk Indonesia banyak berdomisili di wilayah rawan bencana alam tetapi tanpa dilengkapi sistim peringatan dini yang memadai.

Pada tahun-tahun belakangan ini Indonesia terus menerus dilanda permasalahan lingkungan dan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, banjir, erupsi vulkanik, longsor, gelombang pasang laut, kebakaran hutan dll. Mekanisme/SOP khusus mengenai diseminasi informasi peringatan dini atau Protap Khusus mengenai Rantai Peringatan Dini belum ada. Diperlukannya sistim dan perangkat TIK sebagai sistim peringatan dini untuk permasalahan lingkungan dan bencana alam yang handal.

Bencana alam adalah suatu kejadian yang tak dapat diduga dan biasanya terjadi dalam waktu yang pendek sehingga tidak cukup banyak waktu untuk melakukan persiapan yang optimal. Namun ada bencana alam yang tanda-tandanya dapat diperkirakan, sehingga sistem peringatan dini dapat dibangun walaupun dengan keterbatasan kemampuan manusia saat ini dapat memetakan berbagai fenomena alam untuk dijadikan petunjuk yang akurat dalam mempersiapkan diri.

Program pengembangan sistem informasi kualitas lingkungan yang terintegrasi dan berbasis pada partisipasi masyarakat akan sangat diperlukan sebagai media informasi ke masyarakat, dimana program ini berperan penting baik sebagai peringatan dini atau early warning maupun diseminasi informasi, sehingga akan mengurangi kesenjangan informasi antar kelompok masyarakat dan mensukseskan program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat.

Melalui studi yang memadai, diharapkan kita akan dapat merumuskan sistem informasi yang komprehensif dan sesuai dengan taraf kehidupan dan pemahaman masyarakat akan teknologi. Diharapkan, sistem informasi ini akan dilengkapi dengan Integrated Early Warning, Data Base Management System dan Radio Community Broadcasting System.
Teknologi Informasi dan komunikasi dapat digunakan untuk melakukan analisa data secara otomatis yang hasil dapat langsung didistribusikan kepada pengguna atau masyarakat, misalnya melalui Short Message Service (SMS) atau Radio Community Broadcasting System.

Sedangkan pengembangan radio komunitas lebih diarahkan untuk membentuk komunitas masyarakat berbasis teknologi penyiaran yang akan memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi program pemberdayaan masyarakat karena masyarakat tidak perlu melakukan mobilisasi, hanya dengan mendengarkan radio akan mendapatkan informasi yang akurat. Selain itu pemerintah atau institusi lain yang berwenang akan dengan mudah memberikan petunjuk teknis dan sosialisasi programnya.

Unsur penting yang pertama di sini adalah pengelolaan informasi sebaik-baiknya melalui berbagai cara agar informasi itu memungkinkan seseorang dapat mengambil tindakan untuk menyelamatkan diri agar terhindar dari kerugian yang mungkin akan terjadi. Yang berikutnya tidak kalah penting adalah institusi atau lembaga yang berwenang dan efektif untuk meneruskan informasi penting tersebut.

Jadi yang ditekankan disini adalah kesiapan informasi yang tepat waktu dan efektif, yang dikelola dan melewati institusi yang memang kompeten dan bertanggungjawab untuk itu, yang memungkinkan masyarakat untuk dapat mengambil tindakan yang dapat mengurangi resiko dirinya dari terkena kerugian yang mungkin ditimbulkan (oleh misalnya bencana), maupun untuk dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya melakukan antisipasi yang paling efektif.

Pemilihan lembaga, pemberian kewenangan, maupun kepercayaan dari masyarakat sangat menentukan manfaat dan efektifitas dari informasi peringatan yang diberikan oleh lembaga tersebut. Yang berikutnya adalah efektifitas dari tindakan antisipasi yang diambil berdasarkan informasi dari institusi yang kompeten tersebut, yang mana tindakan antisipasi atau reaksi yang diambil oleh masyarakat atau seseorang semestinya membawa keselamatan dirinya seefektif mungkin.

Melalui perpaduan antara informasi, institusi dan reaksi yang tepat, diharapkan kerugian yang akan dialami oleh masyarakat akan dapat direduksi. Perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor kuat dalam mendapatkan hasil yang optimal, walaupun kearifan lokal yang terbangun dari pengalaman dari suatu daerah atas pengalamannya selama ini jugar merupakan faktor penting yang tidak boleh dilupakan.

Sistim peringatan dini sebagai alat yang dipergunakan manusia seiring dengan perkembangan akalnya, teknologi merupakan salah satu faktor yang membuat hidup manusia menjadi nyaman. Untuk early warning system (sistem peringatan dini), teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu bidang teknologi yang memegang peranan penting di dalam kesuksesan penerapan sistem peringatan dini. Walaupun demikian, berbagai cabang ilmu dalam menerjemahkan fenomena alam merupakan pilar pendukung yang terus dikembangkan agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi di kemudian hari.

Bagi beberapa daerah, pengetahuan yang telah diperoleh oleh para pendahulu dari pengalaman pahit yang dialami di masa lalu, merupakan warisan berharga yang melindungi keselamatan diri penduduk di daerah tersebut. Pulau Simeuleu dengan contoh tsunami tahun 2004 merupakan salah satu bukti betapa kearifan lokal memegang peranan penting di dalam membaca gejala alam dengan tepat dan mengambil tindakan yang tepat dalam meresponnya, daripada hanya mengandalkan teknologi.

Paling tidak, untuk sebagian wilayah Indonesia yang tingkat penetrasi teknologinya juga masih belum terlalu tinggi, kearifan lokal seperti ini memiliki peran yang sangat penting. Diseminasi informasi peringatan dini adalah langkah penyebaran informasi peringatan dini mengenai permasalahan lingkungan dan bencana alam, agar masyarakat dapat mengambil keuntungan dari informasi yang diterima sebelum terjadi. Diseminasi informasi haruslah cepat dan tepat, agar dapat bermanfaat semaksimal mungkin.

Tentang Jadhie Whardhana Fernando

Pemerhati Komunikasi dan Informatika
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Diseminasi Informasi Peringatan Dini (EWS)

  1. Ping balik: Diseminasi Informasi Peringatan Dini (EWS) (via KLIK INFOKOM) | KLIK INFOKOM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s